Scars are tattoos
with better stories.

Recently Diagnosed


MENDAPATKAN OPINI KEDUA

Setelah anda menemukan penyedia layanan kesehatan, ia tidak harus menjadi sumber informasi anda satu-satunya. Kanker payudara adalah sesuatu yang kompleks. Merupakan ide yang bagus bagi semua orang yang didiagnosis dengan kanker payudara mempertimbangkan untuk mendapatkan pendapat kedua.

Menemui penyedia layanan kesehatan kedua dari rumah sakit atau praktek grup yang berbeda dapat:

  • Menanamkan keyakinan pada peyedia layanan pertama dengan mengkonfirmasi diagnosis atau proses pengobatan
  • Memberikan wawasan yang berbeda terhadap diagnosis dan pengobatan anda
  • Menambah opsianda terhadap perawatan
  • Fokus pada pengukuran kualitas
  • Memberikan kesempatan bagi anda untuk bertemu dengan penyedia layanan lainnya, yang mungkin lebih cocok untuk mengobati kanker anda

Penyedia layanan anda harus merasa nyaman dengan dan, pada kenyataannya, mendorong anda untuk mendapatkan pendapat kedua. Ia tidak boleh mencegah anda untuk memperoleh opini kedua.

Mempersiapkan janji pertemuan anda

Setelah janji temu untuk opini kedua anda dijadwalkan:

  • Menghubungi kantor penyedia layanan anda saat ini dan meminta mereka untuk mengirimkan salinan dari catatan medis anda, hasil tes dan laporan patologi kepada penyedia layanan yang akan memberikan opini kedua.
  • Sebelum melakukan janji temu, telepon dan memastikan bahwa penyedialayanan yang memberikan opini kedua telah menerima dokumen-dokumen medis anda.
  • Siapkan suatu daftar pertanyaan untuk dibawa bersama anda.
  • Menghubungi kantor penyedia layanan anda saat ini dan meminta mereka untuk mengirimkan salinan dari catatan medis anda, hasil tes dan laporan patologi kepada penyedia layanan yang akan memberikan opini kedua.

Ini dapat membantu anda untuk mengingat segala sesuatu yang hendak anda tanyakan dan menjaga diskusi terfokus pada hal-hal yang paling terpenting bagi anda.

  • Bawa seorang teman atau orang yang dicintai (co-survivor) dengan anda ke temu janji tersebut untuk membantu menanyakan pertanyaan-pertanyaan dan mendiskusikan nantinya jawaban-jawaban yang diberikan. Memiliki tambahan sepasang telinga akan membantu anda mengingat dan memahami informasi tersebut.

Merekam diskusi pada ponsel, tape recorder keci atau perangkat lainnya mungkin berguna (bahkan jika seseorang berada disana bersama anda pada saat temu janji).

Sebelum mendapatkan opini kedua, sebaiknya mengecek perusahaan asuransi anda untuk melihat apakah ada batasan-batasan. Beberapa kebijakan hanya dapat menjamin opini kedua dari penyedia layanan dalam jaringan mereka sendiri.


Sumber : Susan G Komen, 2016.