Scars are tattoos
with better stories.

Recently Diagnosed


MEMILIH RUMAH SAKIT

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sebuah rumah sakit termasuk :

  • Tipe rumah sakit
  • Pendekatan dalam melakukan perawatan
  • Lokasi
  • Biaya atas jasa pelayanan

Tipe rumah sakit

Banyak tipe rumah sakit yang menawarkan pengobatan kanker payudara dan masing-masing dapat memberikan layanan yang prima.

  • Rumah Sakit Dharmais, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, RS Mitra Kemayoran adalah rumah sakit dan pusat medis yang terkenal dengan ilmu pengetahuan dan riset mengenai perawatan kanker yang berkualitas tinggi.

Volume rumah sakit

Jumlah orang yang dirawat di sebuah rumah sakit (volume rumah sakit) mungkin atau mungkin tidak berkaitan dengan kualitas pengobatan kanker payudara Beberapa temuan telah menunjukkan bahwa semakin banyak kasus kanker payudara ditangani rumah sakit setiap tahunnya, semakin baik pelayanannya. Akan tetapim temuan lain menunjukkan tidak adanya perbedaan dalam kelangsungan hidup diantara para perempuan yang dirawat pada rumah sakit dengan volume tinggi dan mereka yang dirawat pada rumah sakit dengan volume rendah.


Tim multidisiplin

Kebanyakan rumah sakit menggunakan tim multidisiplin untuk mendiagnosis dan mengobati kanker payudara. Pendekatan tim dalam perawatan adalah dengan cara mengumpulkan semua penyedia layanan kesehatan yang terlibat dalam diagnosis dan pengobatan secara grup dan berkoordinasi. Pendekatan ini dapat memberikan layanan yang lebih baik dengan meningkatkan komunikasi antara penyedia layanan dan mengurangi jarak waktu antara diagnosis dan pengobatan.


Faktor lain yang perlu dipertimbangkan

Tipe rumah sakit yang anda pilih tergantung pada banyak faktor. Selain kualitas layanan, transportasi dan jaminan asuransi juga memainkan peranan dalam pengambilan keputusan anda.

Faktor lain adalah biaya. Tidak semua dokter dan pusat medis dijamin oleh rencana asuransi kesehatan. Dengan tingginya biaya pengobatan kanker payudara, anda mungkin lebih memilih mendapatkan pengobatan dari penyedia layanan dan pusat medis yang dijamin oleh rencana asuransi kesehatan anda.

Akhirnya, jika anda telah memilih seorang dokter, pilihan terhadap rumah sakit akan terbatas pada dimana dokter tersebut mempunyak hak untuk berpraktek.


Petunjuk untuk mencari rumah sakit

Ketika memilih sebuah rumah sakit, tidak ada satu sumberpun yang memberikan ukuran yang sempurna atas kualitas. Namun, mengkombinasikan informasi dari beberapa sumber (tercantum dibawah) dapat membantu anda untuk membuat suatu keputusan.

Referrals (Rekomendasi)

Referrals (rekomendasi) dari sumber-sumber terpercaya, seperti penyedia layanan kesehatan primer anda, keluarga, teman atau penyintas kanker payudara lainnya, kadangkala merupakan cara terbaik untuk menemukan rumah sakit yang bagus.

Kunjungan personal

Mengunjungi sebuah rumah sakit sebelum pengobatan dimulai memungkinkan anda untuk merasakan fasilitas yang ada. Apakah staf nya baik dan membantu? Apakan gedungnya terpelihara dengan baik? Apakah ruang tunggu, kamar mandi dan lobi bersih? Faktor-faktor ini penting dalam pembuatan keputusan anda

Mengunjungi lokasi juga dapat membantu anda mempelajari bagaimana mudahnya perjalanan kesana dari rumah anda (dan bagaimana mudahnya mendapatkan parkir). Anda juga dapat mengetahui apakahshort-term lodging (penginapan jangka pendek) tersedia jika anda atau orang yang anda cintai membutuhkan tempat untuk menginap semalam.

Sumber : Susan G Komen, 2016.