Scars are tattoos
with better stories.

Recently Diagnosed


MEMILIH DOKTER

Ketika memilih seorang dokter, seperti dokter bedah, ahli onkologi radiasi, atau ahli onkologi medis, tidak ada satu sumber yang dapat memberikan ukuran kualitas yang sempurna. Namun, menggabungkan informasi dari sumber-sumber yang tercantum di bawah ini dapat membantu Anda membuat keputusan.

Referrals (Rekomendasi)

Salah satu cara terbaik untuk mencari dokter yang bagus adalah berdasarkan rekomendasi dari sumber yang terpercaya. Orang-orang kadang mendapatkan nama-nama dokter dari penyedia layanan kesehatan utama mereka, anggota keluarga, teman atau penyintas kanker payudara lainnya.

Board certification (Bersertifikasi)

Memastikan seorang dokter adalah board certified (bersertifikasi) merupakan langkah penting dalam menemukan seorang penyedia layanan kesehatan yang baik. Untuk mendapatkan sertifikasi, seorang dokter harus mendapatkan pelatihan dan pengetahuan untuk menjalankan praktek spesialisasi medis dan juga telah lulus ujian sertifikasi.

Catatan malpraktek

Malpractice records (catatan malpraktek) bisa menjadi tanda untuk kualitas layanan yang diberikan seorang dokter. Jika seorang dokter (atau perusahaan asuransinya melakukan kelalaian praktek) telah melakukan pembayaran ganti rugi malpraktek, ia mungkin tidak menawarkan kualitas layanan terbaik. Namun, ini tidak selalu benar. Dokter-dokter mungkin akan dituntut malpraktek ketika, pada kenyataannya, mereka tidak melakukan suatu kesalahan apapun. Jadi, dalam beberapa kasus, tuntutan atas tindakan malpraktek mungkin tidak mencerminkan keterampilan yang sebenarnya dari dokter tersebut.

Wawancara Pribadi

Mewawancarai seorang dokter tentang pendekatannya dalam mengobati kanker payudara adalah cara yang bagus untuk mempelajari kemampuannya dan melihat apakah anda memiliki personal connection atau tidak dengannya. Ini dapat dilakukan sebagai bagian dari konsultasi formal. Berikut adalah beberapa hal untuk dipertimbangkan saat mewawancarai seorang dokter.

Pengalaman kanker payudara

Seorang dokter yang hanya menemui orang-orang dengan kanker payudara cenderung memiliki lebih banyak pengalaman mengobati kanker payudara dibandingkan dengan dokter yang mengobati berbagai jenis kanker. Akan tetapi, diluar pusat medis yang besar, akan sulit untuk menemukan dokter (seperti ahli bedah, ahli onkologi medis dan ahli onkologi radiasi) yang hanya mengobati orang-orang dengan kanker payudara. Apabila anda memilih seorang dokter yang tidak mengkhususkan atau menspesialisasikan dirinya pada bidang kanker payudara, ia harus tetap mengobati banyak orang dengan kanker payudara setiap tahunnya. Kebanyakan dari dokter-dokter ini memberikan layanan yang prima kepada orang-orang dengan kanker payudara.

Pertanyaan untuk dokter potensial anda

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu anda mewawancarai seorang dokter:

  • Berapa lama anda telah berpraktek?
  • Apakah anda hanya menemui orang-orang yang didiagnosis dengan kanker payudara?
  • Berapa banyak orang dengan kanker payudara yang anda temui (atau operasi) dalam satu tahun?
  • Apa pedoman pengobatan kanker payudara yang anda ikuti?

Akses uji klinis

Anda harus bertanya apakah seorang dokter turut ambil bagian dalam uji klinis. Seorang dokter yang melakukan hal ini mungkin mengetahui tentang terapi baru dan lebih terbuka terhadap pengobatan medis di masa datang.

Walaupun demikian, kemampuan untuk ambil bagian dalam uji klinis tergantung pada tipe rumah sakit dimana dokter tersebut berpraktek. Kebanyakan community hospitals (rumah sakit umum) tidak melakukan uji klinis, akan tetapi ini bukan berarti para dokter dan staff nya tidak memiliki informasi tentang pengobatan terbaru.

Personal connection

Akhirnya, sebuah wawancara memungkinkan anda menilai kepribadian dan kemampuan komunikasi seorang dokter. Ini merupakan kesempatan untuk melihat apakah anda merasa dapat terhubung dokter tersebut.

Bagi banyak orang, seorang dokter haruslah seseorang yang mereka merasa nyaman untuk berdampingan pada level personal. Para dokter harus bisa terbuka kepada anda yang mempertanyakan rekomendasi mereka, meminta penjelasan lebih lanjut jika dibutuhkan dan mendapatkan opini kedua.

Jasa Penilaian

Banyak majalan lokal dan nasional mempublikasikan rumah sakit dan dokter "terbaik". Walaupun daftar ini berguna, layanan prima yang disediakan oleh banyak dokter dan rumah sakit tidak didata dalam laporan-laporan tersebut.


Sumber : Susan G Komen, 2016.