Scars are tattoos
with better stories.

Tips & Advices

SEKSUALITAS DAN KEINTIMAN

Jika anda sedang berjuang dengan isu-isu yang mempengaruhi seksualitas anda, anda tidak sendirian. Seks dan keintiman bisa menjadi sulit bagi kebanyakan perempuan setelah diagnosis kanker payudara.

Meskipun penyakit serius yang menimpa salah satu pasangan dapat mengganggu hubungan seksual dan keintiman, kanker payudara dapat menyebabkan masalah yang unik.

Anda mungkin merasa tubuh anda telah mengkhianati anda. Dan, setelah berbulan pengobatan, anda mungkin merasa terlepas atau terputus dari kesenangan yang pernah diberikan oleh tubuh anda.

Isu-isu terkait imaji tubuh dapat juga mempengaruhi bagaimana anda memandang seks, serta seksualitas anda.

Beberapa efek samping dari pengobatan dapat berdampak pada kehidupan seks anda. Misalkam terapi hormon dapat menyebabkan hilangnya hasrat dan juga perubahan vagina yang dapat membuat hubungan seksual menjadi menyakitkan.

Beberapa efek samping dari pengobatan dapat berdampak pada kehidupan seks anda. Misalkam terapi hormon dapat menyebabkan hilangnya hasrat dan juga perubahan vagina yang dapat membuat hubungan seksual menjadi menyakitkan.

Kecemasan dan depresi dapat juga berdampak pada seksualitas anda.

Mendapatkan bantuan dari penyedia layanan kesehatan

Masalah-masalah yang berdampak pada seksualitas dan keintiman dapat meningkat seiring waktu, sehingga penting untuk mengatasinya secara dini.

Bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan anda, penyedia layanan kesehatan mental (seperti pekerja sosial, psikolog atau seks terapis) atau konselor. Para penyedia ini dapat menawarkan layanan pengobatan dan dukungan.

Misalkan, penyedia layanan kesehatan anda dapat mengobati banyak gejala fisik yang mempengaruhi seksualitas atau kehidupan seks anda.

Beberapa penyedia layanan mengkhususkan diri pada pengobatan masalah seksual bagi penyintas kanker.

Berbicara dengan pasangan anda

Komunikasi terbuka antara anda dan pasangan adalah suatu langkah penting untuk mengembalikan seksualitas anda.

Pasangan mungkin bingung atau tidak yakin cara yang terbaik menunjukkan dukungan dan kasih sayang. Mereka mungkin mundur atau menunggu isyarat dari anda tentang kapan bThey may retreat or wait for cues from you about when to resume an intimate or sexual relationship.

Membahas ketakutan dan harapan masing-masing serta menghibur satu sama lain dapat membantu anda dan pasangan memiliki hubungan seksual yang memuaskan.

Cara lain untuk meningkatkan seksualitas

Olahraga

Bagi para penyintas kanker payudara, olahraga dapat membantu:

  • Meningkatkanseksualitas
  • Memperbaikiimaji tubuh
  • Mengurangi kecemasan
  • Menurunkan depresi

Terapi perilaku kognitif

Cognitive behavioral therapy (terapi perilaku kognitif) adalah tipe khusus dari konseling kesehatan mental yang dapat juga mengkombinasikan teknik seperti latihan relaksasi.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan terapi perilaku kognitif dapat meningkatkan fungsi seksual bagi para penyintas kanker payudara.

Hal ini juga dapat membantu mengurangi kelelahan dan stress yang dialami para penyintas.

Pada saat ini, sedikit orang yang terlatih dalam terapi perilaku kognitif dan tidak tersedia secara luas.

Menangani gejala-gejala menopause

Kemoterapi dan pengobatan kanker payudara dapat mengarah pada menopause dini.

Menopause dapat menyebabkan perubahan dalam tubuh yang menurunkan kenikmatan seksual. Perubahan-perubahan ini termasuk kekeringan vagina dan penurunan minat atau keinginan seksual.

Penyintas kanker payudara memiliki beberapa opsi untuk mengatasi gejala-gejala ini. Beberapa produk mengandung hormon sedang lainnya tidak.

Bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan anda tentang opsi-opsi yang terbaik untuk anda.

Imaji tubuh dan seksualitas bagi para penyintas kanker payudara muda

Kekhawatiran tentang imaji tubuh dan seksualitas bisa jadi sangat sulit bagi para penyintas kanker payudara yang masih muda.

Menopause dini dapat menyebabkan perubahan yang menurunkan kenikmatan seksual.

Dampak kesehatan jangka panjang dari menopause dini, seperti peningkatan risiko osteoporosis, dapat juga mengkhawatirkan.

Bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan andan tentang kekhawatiran anda ini.

Dukungan bagi penyintas muda

Penyintas kanker payudara yang masih muda akan merasa terisolasi.

Karena kebanyakan perempuan dengan kanker payudara berusia lebih tua, sangat mudah untuk merasa sendirian bahkan diantara penyintas lainnya. Sehingga, sebuah kelompok dukungan yang disesuaikan dengan perempuan muda dengan kanker jenis kanker manapun dapat lebih mengakomodir dibandingkan dengan kelompok dukungan penyintas kanker payudara umum.

Perempuan yang lebih muda butuh berbagi pemikiran dan perasaan dengan mereka yang berada pada tahap kehidupan yang sama dan yang mungkin memiliki kekhawatiran yang sama terkait kesuburan dan memiliki anak.


Sumber : Susan G Komen, 2016.