Scars are tattoos
with better stories.

Tips & Advices

KEKHAWATIRAN TERHADAP ANGGOTA KELUARGA

Para penyintas kanker payudara seringkali merasakan kekhawatiran dengan risiko kanker payudara terhadap anggota keluarga lainnya.
Sebagian besar kanker payudara tidak berkaitan dengan genetika atau riwayat keluarga.
Namun, apabila anda seorang penyintas, anggota keluarga anda, terutama saudara perempuan, anak perempuan dan/atau ibu bisa berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara.
Peningkatan risiko ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor genetik (diketahui dan tidak diketahui), faktor-faktor gaya hidup bersama atau sifat-sifat turunan keluarga lainnya.


Risiko kanker payudara bagi anggota keluarga

Secara umum, semakin muda umur anda ketika terdiagnosa, semakin besar kemungkinan untuk anggota keluarga lainnya terkena kanker payudara.

Risiko cenderung tertinggi dalam keluarga dimana dua atau lebih anggota keluarga terdekat (ibu, ayah, saudara perempuan, saudara laki-laki, anak perempuan atau anak laki-laki) pernah terkena kanker payudara atau kanker ovarium. Dalam keluarga ini, sejarah kanker payudara seringkali dikarenakan faktor genetik.

Jika anda memiliki kekhawatiran mengenai risiko keluarga anda terhadap kanker payudara, bicarakan dengan dokter kesehatan anda. Ia dapat membantu anda untuk memahami risiko anda dan dapat mereferensikan anda ke konselor genetik.


Genetic testing (Pengujian genetika)

Terkadang riwayat kanker payudara yang kuat di sebuah keluarga dikarenakan mutasi gen yang diwariskan yang meningkatkan risiko tersebut.

Para penyintas dengan sejarah kanker payudara yang kuat dalam keluarga mungkin khawatir akan mengalami mutasi gen yang meningkatkan risiko itu dan menurunkannya ke anak-anak mereka. (Suatu mutasi gen dapat diturunkan baik ke anak laki-laki maupun anak perempuan.)

Bagi penyintas dengan sejarah kanker dalam keluarga yang kuat, dapat mempertimbangkan untuk melakukan tes mutasi gen yang mungkin diwariskan.
Namun demikian, pengujian dapat menimbulkan berbagai isu dan keluarga anda perlu mempertimbangkannya secara hati-hati dengan bantuan konselor genetik.
Dalam banyak kasus, pengujian dilakukan pertama kali pada orang dengan kanker payudara. Jika tidak ditemukan adanya mutasi, kanker tersebut bisa jadi bukan dikarenakan mutasi gen yang diwariskan dan dengan demikian tidak perlu melakukan tes pada anggota keluarga lainnya.

Jika ditemukan adanya mutasi, anggota keluarga lainnya dapat dites terhadap mutasi tertentu. Apabila seluruh anggota keluarga dengan kanker payudara telah wafat, konselor genetik dapat membantu anda memutuskan apakah akan berfaedah apabila melakukan pengujian genetika.

Apa yang harus disampaikan kepada saudara perempuan, anak perempuan dan ibu

Menilai risiko kanker payudara

Jika anda memiliki kekhawatiran tentang risiko kanker payudara, sampaikan kekhawatiran tersebut kepada keuarga anda.

Anggota keluarga sebaiknya mendiskusikan risiko kanker payudara mereka dengan penyedia layanan kesehatan mereka.

Bagi mereka dengan risiko kanker payudara yang lebih tinggi, obat-obatan tamoxifen dan raloxifene bisa menjadi opsi untuk menurunkan risiko tersebut.

Pemindaian kanker payudara

Perempuan dengan sejarah kanker payudara dalam keluarga sebaiknya berbicara dengan penyedia layanan kesehatan mereka tentang kapan mereka harus melakukan pemindaian kanker payudara.

Meskipun pemindaian tidak menurunkan peluang terkena kanker payudara, namun hal ini meningkatkan kemungkinan ditemukannya secara dini, pada saat probabilitas bertahan hidup pada level tertinggi.

Apa yang harus disampaikan pada saudara laki-laki, anak laki-laki dan ayah

Menilai risiko kanker payudara

Meskipun kanker payudara pada laki-laki jarang terjadi, anggota keluarga laki-laki dari penyintas kanker payudara memiliki risiko.

Laki-laki didalam keluarga anda perlu mendiskusikan risiko kanker payudara mereka dengan penyedia layanan kesehatan mereka.

Pemindaian kanker payudara

Pemindaian kanker payudara hanya direkomendasikan bagi beberapa laki-laki denga risiko yang lebih tinggi dikarenakan mutasi gen yang diwariskan atau riwayat keluarga yang kuat.

Bagi laki-laki ini, pemindaian dapat meningkatkan kemungkinan kanker payudara ditemukan lebih awal, pada saat kemungkinan bertahan hidup pada posisi tertinggi.

Perilaku sehat untuk semua anggota keluarga

Pilihan gaya hidup sehat dapat membantu anda menurunkan risiko berbagai jenis kanker dan kondisi kesehatan lainnya seperti penyakit jantung, diabetes dan osteoporosis.

Walaupun tidak semua perilaku yang tercantum dibawah ini menurunkan risiko kanker payudara, namun mereka baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Setiap orang baiknya mempunyai sasaran :

  • Menjadi aktif secara fisik (berolahraga secara teratur).
  • Mencapai dan menjaga berat badan yang sehat. Penyintas yang kelebihan berat badan atau obesitas harus membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi kalori dan meningkatkan aktifitas fisik untuk membantu anda mengurangi berat badan.
  • Makan paling sedikit 2 ½ mangkok buah-buahan dan sayuran setiap hari.
  • Pilih 100 persen makanan berbiji-bijian seperti 100 persen roti gandum dan sereal, beras merah, millet dan quinoa.
  • Batasi daging merah dan daging olahan. Lebih sering pilih ayam, ikan atau kacang-kacangan.
  • Konsumsi lemak "baik" (lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal). Ini dapat ditemukan dalam makanan seperti minyak zaitun dan minyak canola, kacang-kacangan dan selai kacang alami, alpukat dan zaitun.
  • Batasi konsumsi alkohol hingga kurang dari 1 gelas per hari bagi perempuan dan lebih sedikit dari 2 gelas minuman per hari bagi laki-laki.

Catatan: Menjadi aktif secara fisik, mencapai dan mempertahankan berat badan sehat, membatasi konsumsi alkohol dan hingga ke tingkat lebih rendah, memakan buah-buahan dan sayuran dapat juga menurunkan risiko anda terhadap kanker payudara. Faktor-faktor lain adalah baik untuk kesehatan anda secara keseluruhan dan bisa membantu menurunkan risiko terhadap jenis kanker lainnya.



Sumber : Susan G Komen, 2016