Scars are tattoos
with better stories.

Recently Diagnosed


MENDAPATKAN PERAWATAN BERKUALITAS

Setiap orang dengan kanker payudara layak mendapatkan perawatan terbaik yang bisa didapatkan. Menemukan penyedia layanan kesehatan yang bagus dan rumah sakit berkualitas membantu memanstikan anda mendapatkan layanan prima dan juga memberikan ketenangan pikiran.

Bagian ini memberikan anda petunjuk-petunjuk yang akan membantu anda menemukan penyedia layanan kesehatan dan juga medical center (pusat medis). Bagian ini juga mengilustrasikan cara-cara yang bisa membantu memastikan anda mendapatkan perawatan yang terbaik.

Apakah layanan perawatan berkualitas itu?

Layanan perawatan berkualitas adalah suatu ukuran dari:

  • Seberapa baik kanker payudara anda diobati
  • Seberapa baik anda dirawat selama dan setelah pengobatan

Definisi layanan perawatan berkualitas baik adalah :

"memberikan pasien pelayanan yang layak dan kompeten secara teknis, dengan komunikasi yang baik, pengambilan keputusan bersama dan kepekaan terhadap adat istiadat dan budaya".

Mendapatkan layanan yang baik artinya anda memperoleh pengobatan terbaik untuk kanker payudara anda dan pengobatan anda diberikan dengan rasa kasih.

Manajemen gejala dan layanan suportif adalah bagian penting dari

pengobatan kanker payudara. Manajemen gejala (juga disebut palliative care atau perawatan paliatif) ditujukan untuk mencegah atau mengurangi efek samping dari pengobatan (seperti rasa sakit atau mual). Layanan suportif meliputi manajemen gejala serta memelihara dan menjaga kebutuhan emosional, sosial, spiritual dan kepraktisan.

Memperoleh layanan perawatan berkualitas

Salah satu jalan terbaik untuk membantu memastikan anda mendapatkan layanan medis yang bagus adalah dengan menjadi terinformasi. Belajar tentang kanker payudara dan diagnosis spesifik anda serta opsi pengobatan dapat menolong anda ketika berbicara dengan penyedia layanan kesehatan anda dan membuat keputusan bersama.

Adalah juga penting untuk memahami apa saja yang membentuk layanan yang baik. Dalam riset layanan kesehatan, berbagai metode digunakan untuk mengukur kualitas layanan perawatan yang didapatkan oleh orang-orang dari penyedia layanan kesehatan atau pusat medis. Tiga metode yang lebih umum digunakan akan dibahas dibawah ini.

Kualitas layanan kesehatan di rumah sakit dan pusat medis

Rumah sakit dan pusat medis harus memiliki fasilitas yan mutakhir (termasuk didalamnya ruangan pemeriksaan dan teater operasi yang banyak) dan peralatan, serta dokter-dokter dengan credentials (surat kepercayaan) yang memadai.

Namun demikian, dasar-dasar ini tidak selalu menjamin anda akan mendapatkan layanan yang baik. Jenis-jenis pengobatan yang ditawarkan dan seberapa baik kondisi orang-orang tersebut setelah perawatan seringkali menjadi ukuran kualitas yang lebih penting.

Kualitas layanan perawatan pasien

Ukuran ini melihat kualitas layanan perawatan yang diberikan penyedia layanan kesehatan dan rumah sakit. Penyedia layanan kesehatan, selain memberikan perawatan dasar yang bagus, harus mengikuti pedoman terkini untuk screening (pemindaian), diagnosis dan pengobatan kanker payudara.

Seberapa baik kondisi orang-orang setelah mereka mendapatkan pengobatan?

Idealnya, adalah baik untuk mengetahui seberapa baik kondisi orang-orang setelah mendapatkan pengobatan dari berbagai penyedia layanan kesehatan dan pada rumah sakit yang berbeda. Informasi seperti tingkat komplikasi (seperti infeksi) setelah oprasi, penyintasan setelah pengobatan kanker payudara dan kualitas hidup setelah pengobatan, akan bermanfaat untuk diketahui.

Informasi ini, bagaimanapun, jarang tersedia. Juga sulit untuk membandingkan model data seperti ini karena orang-orang yang dirawat pada satu rumah sakit mungkin berbeda dengan mereka yang dirawat di rumah sakit lainnya.


Sumber : Susan G Komen, 2016.