When life kicks you,
let it kick you forward.

What is Breast Cancer


JENIS-JENIS SPESIFIK KANKER PAYUDARA

Inflammatory breast cancer (IBC, Kanker payudara terinflamasi), Paget disease of the breast (Paget disease of the nipple, Kanker paget pada payudara) dan metaplastic breast cancer (kanker payudara metaplastik) adalah jenis-jenis spesifik dari kanker payudara.

KANKER PAYUDARA TERINFLAMASI


Apa itu inflammatory breast cancer (IBC)?

Inflammatory breast cancer (IBC) atau kanker payudara terinflamasi adalah kanker payudara stadium lanjut lokal yang langka tetapi agresif. Disebut kanker payudara terinflamasi karena gejala utamanya adalah pembengkakan (inflamasi) dan kemerahan pada payudara.

Sekitar 1-5 persen kanker payudara adalah IBC.

Tumor IBC acap kali merupakan reseptor estrogen-negatif dan HER2-positif. Karena IBC bersifat agresif, kebanyakan perempuan pasien IBC memiliki kelenjar getah bening positif dan sekitar 30 persen adalah metastasis ketika mereka didiagnosis.

Usia rata-rata ketika didiagnosis IBC sedikit lebih muda dari usia pada saat didiagnosis kanker payudara jenis lainnya.


Mitos

Meskipun beberapa surel yang viral menunjukkan IBC adalah suatu bentuk baru dari kanker payudara, tetapi tidak demikian. Kanker ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1800-an.


Warning signs

    Tanda-tanda peringatan dari IBC termasuk :
  • Pembengkakan atau pembesaran payudara
  • Kemerahan pada payudara (bisa jadi berwarna kemerahmudaan atau keunguan)
  • Lekukan atau pengerutan kulit payudara
  • Puting susu masuk kedalam
  • Nyeri pada payudara

Walapun terkadang sebuah benjolan dapat dirasakan, namun hal ini kurang umum terjadi pada IBC dibandingkan dengan kanker payudara lainnya.

Apabila anda melihat adanya perubahan-perubahan ini, temui penyedia layanan kesehatan anda segera.


Diagnosis

Dengan kanker payudara lainnya, gejala-gejala mungkin tidak terjadi selama bertahun-tahun. Akan tetapi, dengan IBC, gejala-gejala ini cenderung muncul dalam beberapa minggu atau bahkan bulan.

Mammografi secara rutin dapat melewatkan IBC dikarenakan serangannya yang cepat. IBC juga sulit untuk dilihat pada mammogram karena seringkali menyebar ke seluruh payudara atau hanya muncul sebagai tanda peradangan (seperti penebalan kulit).

Dalam beberapa kasus, perubahan kulit (sebagaimana tercantum diatas) atau benjolan (jika salah satunya ada) dapat menjadi catatan selama pemeriksaan payudara klinis.

Karena kerap kali kekurangan benjolan payudara dan gejala-gejala seperti kemerahan dan pembengkakan, IBC mungkin pertama kali diduga sebagai akibat infeksi. IBC sering didiagnosis secara klinis dengan biopsi jaringan setelah gejala-gejala tersebut tidak membaik dengan rangkaian antibiotik.

Sampaikan pada penyedia layanan kesehatan jika anda mengalami gejala-gejala yang berlangsung selama lebih dari satu minggu setelah menggunakan antibiotik. Jangan takut untuk mendapatkan opini kedua.


Bertahan hidup

Dengan pengobatan, 54-62 persen pasien IBC akan hidup paling tidak 5 tahun setelah terdiagnosis dan sekitar 41-47 persen tidak akan menunjukkan tanda-tanda kanker payudara selama 10 tahun setelah diagnosis.

Meskipun angka-angka ini tidak setinggi kanker payudara lainnya, pengobatan terbaru terus meningkatkan kelangsungan hidup.


KANKER PAGET PADA PAYUDARA (PENYAKIT PAGET PADA PUTING SUSU)

Penyakit paget payudara (penyakit paget puting susu) adalah jenis kanker langka pada kulit puting susu atau pada kulit di area sekitar puting susu.

Hal ini biasanya, tetapi tidak selalu, ditemukan bersama dengan kanker payudara yang mendasarinya. Dalam kasus-kasus ini, tumor tumbuh dari bawah puting susu dan keluar ke permukaan kulit dari puting susu tersebut. Penyakit Paget payudara dapat ditemukan dengan kanker payudara invasif atau ductal carcinoma in situ (DCIS)

Sekitar 1-3 persen dari kanker payudara adalah merupakan penyakit paget payudara.

Meskipun penyakit paget payudara adalah langka pada perempuan dan laki-laki, namun jenis ini lebih sering terjadi pada laki-laki.


Tanda-tanda peringatan

Tanda-tanda peringatan termasuk rasa gatal, terbakar, kemerahan dan perubahan kulit pada puting susu dan areola. Mungkin juga terdapat pengeluaran cairan yang disertai darah dari puting susu, dan puting susu tampak terlihat rata terhadap payudara


Diagnosis, pengobatan dan prognosis

Penyakit paget payudara dapat didiagnosis dari biopsi kulit puting payudara dan jaringan yang berada tepat dibawah kulit tersebut (disebut biopsi kulit atau biopsi punch).

Penyakit paget payudara dapat juga ditemukan pada saat kanker payudara yang mendasari terdiagnosis.

Pengobatan dan prognosis tergantung pada kanker yang mendasari.


KANKER PAYUDARA METAPLASTIK

Kanker payudara metaplastik adalah langka, dimana persentasenya kurang dari 5 persen dari seluruh kanker payudara invasif

    Dibandingkan dengan jenis-jenis kanker payudara yang lebih umum, tumor metaplastik cenderung menjadi :
  • Lebih Besar
  • Tingkatan tumor lebih tinggi
  • Reseptor estrogen-negatif, reseptor progesteron-negatif dan HER2-negatif (HER2-negatif) (seringkali disebut triple negative) atau pengerutan kulit payudara

Dibawah mikroskop, sel-sel tumor metaplastik dapat terlihat sangat berbeda dengan sel-sel tumor dari kanker payudara yang lebih umum.

Sehingga, kanker ini bisa jadi sulit untuk didiagnosis dan kadang keliru dengan tumor payudara yang tidak umum atau tumor yang berasal dari bagian lain dari tubuh. Hal terbaik adalah mengirimkan pathology slides (film patologi) untuk diperiksa dan ditinjau guna memperoleh kepastian terhadap diagnosis.

Anda dapat meminta penyedia layanan kesehatan anda untuk mengirim film (slides) untuk diperiksa atau anda bisa mendapatkan opini kedua untuk mengkonfirmasi.


KANKER JENIS LAINNYA YANG TERJADI PADA PAYUDARA

Sebagian besar kanker yang terjadi pada payudara adalah merupakan kanker payudara (breast carcinomas).

Dalam kasus-kasus yang jarang terjadi, jenis kanker lain seperti limfoma (kanker dari sistem getah bening) dan sarkoma (kanker dari jaringan lunak) dapat terjadi di payudara. Jarang memang, kanker dari bagian lain bermetastasis (menyebar) ke payudara dan meniru kanker payudara.

Jenis tumor lain di payudara bisa jinak (bukan kanker) atau ganas (kanker). Karena kanker-kanker ini bukanlah karsinoma, mereka diperlakukan berbeda dan memiliki profil risiko berbeda dengan kanker payudara.


Sumber : Susan G Komen, 2016.