When life kicks you,
let it kick you forward.

What is Breast Cancer


KANKER PAYUDARA METASTATIK.

Kanker payudara metastatik (juga disebut stadium IV atau kanker payudara stadium lanjut) adalah kanker payudara yang menyebar di luar payudara menyebar ke bagian organ tubuh lainnya (seringkali tulang, paru-paru, hati atau otak).

Walaupun kanker payudara metastatik telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, kanker ini dianggap dan diperlakukan sebagai kanker payudara. Misalnya, kanker payudara yang telah menyebar ke tulang masih merupakan kanker payudara (bukan kanker tulang) dan diobati dengan obat-obatan kanker payudara, bukan dengan pengobatan untuk kanker yang diawali dari tulang.

Beberapa perempuan memiliki kanker payudara metastatik pada saat mereka pertama kali terdiagnosis (disebut de novo metastatic breast cancer).

Lebih umum, kanker payudara metastatik timbul beberapa bulan atau tahun setelah seseorang menyelesaikan pengobatan untuk kanker payudara stadium awal atau stadium lanjut lokal (stadium I, II atau III). Ini seringkali disebut sebagai distant recurrence (kekambuhan jauh).


Prognosis untuk kanker payudara metastatik

Kelangsungan hidup untuk kanker payudara metastatik sangat beragam dari orang ke orang.
Satu studi menemukan sekitar 37 persen perempuan hidup paling tidak 3 tahun setalah terdiagnosis dengan kanker payudara metastatik. Beberapa perempuan bisa hidup 10 atau bahkan lebih lama dari diagnosis.
Penting untuk dicatat data kelangsungan hidup ini dibuat berdasarkan perempuan-perempuan yang terdiagnosis sebelum beberapa pengobatan terbaru untuk kanker payudara metastatik tersedia.
Pengobatan modern baik untuk kanker payudara stadium-awal maupun metastatik telah meningkatkan kelangsungan hidup perempuan-perempuan yang terdiagnosis saat ini.


Sumber : Susan G Komen, 2016.