What is Breast Cancer


KANKER PAYUDARA KEKAMBUHAN

Tujuan dari pengobatan kanker payudara stadium lanjut lokal secara dini dan lokal adalah untuk mengangkat kanker tersebut dan menjaganya agar tidak datang kembali (breast cancer recurrence atau kanker payudara kekambuhan).

Bagaimana kekambuhan lokal atau metastasis ditemukan?

Tujuan dari pengobatan kanker payudara stadium lanjut lokal secara dini dan lokal adalah untuk mengangkat kanker tersebut dan menjaganya agar tidak datang kembali (breast cancer recurrence atau kanker payudara kekambuhan).

Kanker payudara bisa kambuh lagi pada lokasi awal (disebut local recurrence atau kekambuhan lokal). Kanker tersebut bisa kembali lagi dan menyebar kebagian tubuh lainnya (disebut metastasis atau distant recurrence atau kekambuhan jauh).

Kekambuhan lokal biasanya ditemukan dalam mammogram, pada saat pemeriksaan fisik oleh penyedia layanan kesehatan atau apabila anda melihat adanya suatu perubahan.

Metastasis biasanya ditemukan ketika gejala-gejala dilaporkan pada saat kunjungan tindak lanjut ke penyedia layanan kesehatan anda.

Kekambuhan Lokal

Ketika kekambuhan lokal ditemukan, maka diobati dengan cara yang sama dengan kanker payudara yang pertama.

Tumor diangkat oleh dokter bedah, diperiksa oleh ahli patologi dan diuji untuk status reseptor hormon, status HER2 dan karakteristik lainnya.

Test dilaksanakan untuk memastikan tidak ada tanda-tanda metastasis.

Kekambuhan lokal setelah lumpektomi (breast conserving surgery atau operasi konservasi payudara) kerapkali dapat diobati dengan sukses.

Pengobatan biasanya termasuk operasi, umumnya sebuah masektomi. Terapi radiasi dapat diberikan jika itu bukan bagian dari pengobatan kanker payudara awal. Pengobatan juga termasuk kemoterapi, terapi hormon dan/atau terapi target.

Kekambuhan lokal setelah mastektomi

Meskipun seluruh payudara diangkat dalam sebuah tindakan mastektomi, kanker payudara masih bisa kambuh pada area dada. Makin banyak kelenjar getah bening dan kanker pada saat mastektomi, semakin tinggi kemungkinan kekambuhan kanker payudara.

Kekambuhan lokal setelah dilakukannya mastektomi biasanya diobati dengan operasi yang diikuti dengan terapi radiasi (apabila terapi radiasi bukan bagian dari pengobatan awal). Pengobatan juga termasuk kemoterapi, terapi hormon dan/atau terapi target.

Metastasis

Gejala

Metastasis (distant recurrence) atau kekambuhan jauh seringkali ditemukan pada saat orang-orang melaporkan gejala-gejala. Termasuk didalamnya:

  • Nafas tersengal atau sesak nafas
  • Penurunan berat badan
  • Jaringan lemak dan ikat yang mengelilingi dan melindungi duktus dan lobules, serta memberikan bentuk pada payudara
  • Nyeri tulang

Jangan panik jika anda memiliki gejala-gejala seperti perubahan berat badan dan nyeri tulang. Ini merupakan hal yang umum dan acapkali tidak berarti kanker payudara telah menyebar. Meskipun demikian, anda baiknya mendiskusikan gejala-gejala apapun dengan penyedia layanan kesehatan anda.

Tes tindak lanjut

Berdasarkan gejala-gejala anda diatas, tes dapat dilakukan jikalau kanker payudara telah kembali dan menyebar ke organ lainnya (telah bermetastasis). Tergantung pada gejala-gejalanya, tes tindak lanjut termasuk:

  • Test darah (termasuk tumor marker tests atau tes penanda tumor)
  • Tes pencitraan(seperti pemindaian tulang, CT scans, PET scans dan X-rays dada)
  • Biopsi jaringan (untuk memeriksa apabila temuan yang mencurigakan adalah sebuah kekambuhan kanker payudara)

Bagi orang-orang tanpa gejala-gejala metastasis, tes darah dan tes pencitraan (selain mammografi) bukanlah bagian dari suatu standar perawatan tindak lanjut. Menggunakan tes darah atau tes pencitraan untuk mengecek metastasis dini pada orang-orang tanpa gejala-gejala metastasis tidak menambah tingkat

Kanker payudara paling sering menyebar ke tulang, paru-paru, hati atau otak. Walaupun telah menyebar kebagian tubuh lainnya, tetapi kanker ini masih dianggap dan diperlakukan sebagai kanker payudara.

Kanker payudara paling sering menyebar ke tulang, paru-paru, hati atau otak. Walaupun telah menyebar kebagian tubuh lainnya, tetapi kanker ini masih dianggap dan diperlakukan sebagai kanker payudara.

Misalnya, kanker payudara yang telah menyebar ke tulang masih merupakan kanker payudara (bukan kanker tulang) dan disembuhkan dengan obat-obatan kanker payudara, bukan pengobatan untuk kanker yang dimulai dari tulang.

Ketika ada metastasis, tes dilakukan untuk menentukan organ mana yang terseret dan status reseptor hormon serta status HER2 dari tumor. Kemudian, anda dan penyedia layanan kesehatan anda dapat mendiskusikan opsi-opsi pengobatan.

Metastasis dan (manajemen rasa nyeri)

Kanker payudara metastatik dapat menyebabkan rasa sakit pada area dimana kanker telah menyebar.

Adalah penting untuk mengendalikan rasa sakit manapun yang berkaitan dengan kanker payudara metastatik. Bahkan rasa nyeri ringan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan menyebabkan efek samping lainnya, seperti kelelahan, tampak makin buruk.

Dukungan

Pengobatan untuk kanker payudara bisa jadi proses yang melelahkan dan menguras tenaga.

Apabila kanker tersebut kembali, anda mungkin telah memiliki respon emosional dan fisik yang kuat. Support Group (kelompok dukungan) kanker dapat membantu anda mengatasi masalah ini.


Sumber : Susan G Komen, 2016.