Here for you.
Destined for each other.

Blog

April 27,2015

Apa itu Deteksi Dini Kanker Payudara?

Written by LovePink


Deteksi dini kanker payudara merupakan upaya untuk mendeteksi/mengidentifikasi secara dini keberadaan kanker payudara sehingga diharapkan dapat diobati dengan teknik yang dampak fisiknya kecil dan memiliki peluang lebih besar untuk sembuh.

Bagaimana Cara Melakukan Deteksi Dini?

Deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan dengan pemeriksaan secara klinis (pemeriksaan fisik), maupun dengan pemeriksaan penunjang.

Pemeriksaan klinis yang dianjurkan dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan yang terlatih (dikenal sebagai CBE atau Clinical Breast Examination) ataupun dilakukan sendiri (SADARI atau dikenal sebagai pemeriksaan payudara sendiri).

Pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI perlu dilakukan ketika seorang wanita telah mencapai pubertas dan mulai mengalami perkembangan pada payudaranya. Setiap wanita di atas 20 tahun disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan.

Bagi wanita pra-menopause, sebaiknya melakukan pemeriksaan setelah hari ke-5 dan ke-7 sesudah siklus menstruasi (hari ke-10 dihitung dari awal siklus menstruasi), saat dimana jaringan payudara memiliki densitas (kepadatan jaringan) yang lebih rendah.

*sumber: deherba.com (dengan perubahan)



Back to archive